Jumat, 24 Agustus 2012

Penyakit kencing manis,Gejala dan Pencegahan


Kencing manis (diabetes mellitus), Mungkin teman-teman sering mendengar tentang penyakit itu. Kencing manis (diabetes mellitus) adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat mengatur kandungan gula dalam darah sehingga glukosa atau gula yang biasanya diangkut menuju sel-sel tubuh sebagai sumber energi justru tercecer dalam aliran darah, bahkan ikut terbuang dalam air seni. Oleh karena itulah jangan heran jika air seni dari pendertita diabetes mellitus jika tergenang maka ada semut yang mendekat. Menurut informasi Diabetes terdiri dari dua jenis, yaitu : 
Tipe 1:
Diabetes karena tubuh tidak memproduksi insulin sehingga penderita harus disuntik insulin setiap hari untuk mengendalikan kadar gula darah. Diabetes tipe 1 terjadi pada anak-anak dan remaja dan perkembangannya berlangsung cepat.

Tipe 2:

Pada diabetes tipe 2, pankreas memproduksi insulin, namun sel-sel tubuh tidak meresponnya secara normal. Jenis diabetes ini biasanya terkait dengan kegemukan dan beberapa kasus kehamilan serta baru berjangkit pada usia di atas 40 tahun. Pada diabetes tipe ini kontrol gula darah dapat dilakukan melalui perubahan gaya hidup dan pola makan. Menurut berbagai penelitian, perubahan tersebut terbukti efektif menekan risiko diabetes. 

Nah teman-teman Penyakit kencing manis (diabetes mellitus ) tidak boleh kita anggap remeh,  sebab Kadar gula darah yang tinggi secara lambat laun akan mengakibatkan kerusakan pembuluh darah dan saraf yang mengakibatkan gangguan fungsi mata, ginjal dan saraf serta meningkatkan risiko serangan jantung, stroke dan impotensi.

Gejala-gejala Penyakit kencing manis (diabetes mellitus ) secara umum antara lain :
  • Dehidrasi
  • Rasa haus terus-menerus
  • Peningkatan frekuensi kencing
  • Kelelahan
  • Penurunan berat badan
  • Gangguan penglihatan
  • Penyembuhan luka yang lama
Dalam Penyakit kencing manis (diabetes mellitus ), sebenarnya mencegah dari awal sangatlah penting sekali, oleh karena itu kita harus mengetahui tips-tips mencegah  penyakit diabetes sejak dini, antara lain :

  1. Perhatikan Berat Badan. Semakin mendekati bobot ideal, Anda akan terhindar dari penyakit diabetes.
  2. Cermati Gaya Hidup Anda. Memiliki pola makan seimbang dan teratur. Hindari kebiasaan melewatkan waktu makan atau tidak makan sama sekali setelah makan dalam jumlah besar. Akan lebih baik bila makan dengan porsi sedang tapi teratur, daripada porsi besar tapi tidak teratur.
  3. Perbanyak Aktifitas. Terutama bila selama ini Anda terlalu sering duduk di kantor. Mengikuti fitness bisa menjadi pilihan menarik.
  4. Pantau Selalu Kondisi. Kontrol kadar gula darah setidaknya 2 kali setahun. Berkonsultasilah dengan dokter agar diabetes tak perlu hadir dalam hidup Anda.
  5. Ketahui Riwayat Keturunan Diabetes. Cobalah untuk mengenal riwayat keturunan penyakit diabetes dalam keluarga Anda. Bila ada, segera ke dokter untuk mendiskusikan pencegahannya.
Dengan kita berusaha untuk mencegah penyakit kencing manis (diabetes mellitus ), InsyaAllah kita dapat terhindar dari penyakit tersebut.




Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar