Rabu, 22 Agustus 2012

Penyakit Lupus dan Gejala-gejalanya


Sepertinya jarang kita mendengar tentang penyakit lupus, sebelumnya apakah teman-teman sekalian sudah mengetahui apakah penyakit lupus itu ? kalau belum saya akan berbagi informasi mengenai penyakit lupus. Penyakit Lupus merupakan penyakit autoimun kronis yang dapat menyerang hampir seluruh organ/sistem tubuh berupa reaksi radang dan dapat mengancam jiwa. Penyandang penyakit Lupus harus mengkonsumsi berbagai obat dalam jangka waktu yang lama bahkan seumur hidupnya karena lupus. Sepertinya dari pengertian penyakit tersebut sih cukup membahayakan. Penyakit lupus ini teman-teman justru kebanyakaan diderita wanita usia produktif sampai usia 50 tahun sekalipun ada juga pria yang mengalaminya. Oleh karena itu dianggap diduga penyakit lupus ini berhubungan dengan hormon estrogen. 

Nah sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, apa gejala-gejala penyakit lupus itu sendiri. Saya sendiri mencoba mencari informasi tentang gejala-gejala penyakit lupus. Gejala-gejala penyakit Lupus dikenal sebagai Lupus Eritomatosus Sistemik (LES). Eritomatosus artinya kemerahan. sedangkan sistemik bermakna menyebar luas keberbagai organ tubuh. Nah untuk lebih lengkapnya beberapa gejala-gejala penyakit lupus antara lain :

  • Kulit yang mudah gosong  akibat sinar matahari serta timbulnya gangguan pencernaan.
  • Gejala umum penderita penyakit lupus sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-  pegal.  Gejala ini terutama didapatkan pada masa aktif, sedangkan pada masa remisi (nonaktif) menghilang.
  • Pada kulit, akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Namun ruam merah menyerupai cakram bisa muncul di kulit seluruh tubuh, menonjol dan kadang-kadang bersisik. Melihat banyaknya gejala penyakit lupus ini, maka wanita yang sudah terserang dua atau lebih gejala saja, harus dicurigai mengidap penyakit lupus.
  • Anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit lupus ini
  • Rambut yang sering rontok dan rasa lelah yang berlebihan
Nah teman-teman kalau kamu mungkin ada mengalami gejala-gejala seperti di atas, alangkah baiknya teman-teman periksa ke dokter atau ke puskesmas terdekat. Semoga informasi ini berguna untuk kamu.




Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar