Rabu, 22 Agustus 2012

Penyakit Paru-paru dan gejala-gejalanya


Paru-paru, setiap manusia tentu memiliki paru-paru, Paru-paru adalah salah satu organ pada sistem pernapasan yang berfungsi sebagai tempat bertukarnya oksigen dari udara yang menggantikan karbondioksida di dalam darah. Proses ini dinamakan sebagai respirasi dengan menggunakan bantuan haemoglobin sebagai pengikat oksigen. Setelah O2 didalam darah diikat oleh hemoglobin, selanjutnya dialirkan ke seluruh tubuh. Tahu kah kamu, berapa manusia memiliki paru-paru ? Manusia memiliki dua Paru-paru. Sebelah kiri terbagi oleh 2 bagian dan sebelah kanan terbagi menjadi 3 bagian.  Secara umum letak paru-paru manusia terletak di bawah tulang rusuk.

Jika kita sudah mengetahui fungsi dari paru-paru, maka kita bisa mengartikan bahwa, penyakit paru-paru adalah penyakit yang menyebabkan gangguan fungsi kerja paru-paru. Penyakit paru-paru ini biasanya disebabkan oleh bakteri atau juga perilaku seseorang terkait gaya hidupnya. Salah satunya adalah kebiasaan merokok yang merupakan penyumbang terbesar bagi penyebab terjadinya penyakit paru-paru tersebut. Nah sekarang bagaimana misalnya bagi oarang yang bukan perokok ? Bagi orang yang tidak merokok pun bukan jaminan mereka akan terhindar dari penyakit paru-paru. Sebab, dengan menjadi perokok pasif di lingkungan para perokok, justru resiko terkena gangguan penyakit paru-paru lebih besar daripada sang perokok itu sendiri. Oleh karena itu alanhkah baiknya kita berusaha untuk menghindar dari asap rokok, tentunya yang paling aman adalah kita tidak mendekati dengan orang-orang yang lagi merokok.
Setiap penyakit tentu memiliki gejala-gejalanya, nah apakah kamu sudah mengetahui gejala-gejala dari penyakit paru-paru ?  Gejala Penyakit Paru-Paru paling umum yang ditemui pada penderita penyakit paru-paru adalah:
  • Batuk yang terus menerus atau menjadi hebat.
  • Dahak berdarah, berubah warna dan makin banyak.
  • Napas sesak dan pendek-pendek.
  • Sakit kepala, nyeri atau retak tulang dengan sebab yang tidak jelas.
  • Kelelahan kronis
  • Kehilangan selara makan atau turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
  • Suara serak/parau.
  • Pembengkakan di wajah atau leher 
Salah satu upaya yang signifikan agar terhindar dari penyakit paru-paru adalah dengan tidak merokok, sebab sudah kita ketahui bersama bahwa merokok sangatlah tidak baik untuk kesehatan paru-paru kita.




Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar