Jumat, 07 September 2012

6 Tips Mencegah Mabuk Kendaraan


6 Tips Mencegah Mabuk Kendaraan  <<<>>> Apakah teman-teman termasuk mudah mabuk kendaraan ketika bepergian ?  Mabuk kendaraan memang bisa dialami semua orang. Saya pun termasuk orang yang mudah mabuk kendaraan, apa lagi jika di dalam mobil yang memakai AC, biasanya saya cepat mabuk kendaraan.  Mabuk kendaraan biasanya terjadi ketika orang bepergian menggunakan mobil, pesawat dan kapal laut.  Mabuk Kendaraan sebenarnya hal yang normal, namun terkadangn membuat seseorang merasa malu dan tidak nyaman karena mencium bau muntahan yang tidak enak.   Di bawah ini ada Tips Mencegah Mabuk Kendaraan yang diberikan oleh Shinta Margareta dalam Buku Cerdas P3K :

1.      Sebelum memulai perjalanan, cobalah meminum minuman yang menghangatkan    badan seperti minuman jahe. Dari penelitian, jahe memiliki kandungan    senyawa 6-gingerols dan galanolactone yang mampu mencegah timbulnya    mual dan muntah.

2.      Ketika Anda mengalami gejala mual dan ingin muntah, sebaiknya cari    ruangan yang lega atau hirup udara segar. Usahakan pula untuk tidak    banyak bergerak.

3.      Jika rasa mual makin hebat, menepi dan berhentilah sejenak. Anda dapat    berjalan di sekitar perhentian kendaraan untuk menetralkan akumulasi    getaran pengganggu. Tindakan ini efektif membantu mencegah mual atau    perasaan ingin muntah. Namun, memang hanya dapat dilakukan jika Anda    mengendarai mobil pribadi.

4.      Cara lainnya adalah mengatur posisi duduk saat melakukan perjalanan.    Usahakanlah agar duduk dengan posisi searah laju kendaraan.    Sandarkanlah kepala dan tutup mata atau fokuslah pada satu jarak dan    obyek tidak bergerak seperti kaki langit, gunung, hamparan sawah. Obyek    tidak bergerak akan membantu meredakan rasa pusing.

5.      Bila mual tak juga reda, kepalkan dan lemaskan jemari tangan dan kaki    berulang-ulang. Gunanya untuk menaikkan peredaran darah. Pijitan pada    jemari dan telapak tangan dapat membantu menghilangkan rasa pusing    ringan.


6.      Jika kondisi mabuk perjalanan disertai rasa lemas akibat dehidrasi dan    penurunan tekanan darah, maka obat anti mual mutlak diperlukan.  Obat    yang dianjurkan adalah obat yang masuk pada golongan Antihistamin    Dimenhidrinat dengan catatan dosis untuk anak usia 2 - 5 tahun sebesar    12,5 - 25 miligram, dan anak usia 6 - 12 tahun sebesar 20 - 50 miligran  dengan tingkat konsumsi maksimal 3 kali sehari.

 
Masalah mabuk kendaraan sebenarnya sih hal yang wajar, tapi terkadang mungkin ada rasa malu apabila kita sampai muntah, kalau pengalaman pribadi saya biasanya saya sebelum bepergian jauh misalnya menggunakan mobil, saya terlebih dahulu minum obat anti mabuk kendaraan. Semoga postingan ini yang berjudul 6 Tips Mencegah Mabuk Kendaraan berguna untuk kamu dalam hal menambah pengetahuan. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.






Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar