Sabtu, 15 September 2012

Dampak Marah Tidak Baik Bagi Kesehatan


Dampak Marah Tidak baik Bagi Kesehatan   <<>> Marah, aku lagi MARAH, hehee. Dalam hidup kita yang namanya marah pernah kita lakukan. Marah terjadi karena adanya faktor luar yang biasanya datang dari perbuatan orang lain ke kita yang tidak kita sukai atas perbuatannya tersebut. Marah memang hal yang wajar dan normal dalam hidup, tetapi juga jangan sampai kita menjadi orang yang pemarah. Tahu tidak teman-teman ternyata yang namanya marah itu ada dampak yang tidaj baik bagi kesehatan kita, di bawah ini dampak-dampaknya, antara lain :

1. Hipertensi

Hipertensi disebut juga dengan darah tinggi, darah tinggi sering terjadi karena kemarahan tingkat tinggi. Hipertensi dapat menyebabkan stroke, serangan jantung dan gagal ginjal. Wah, bahaya sekali penyakit-penyakit seperti itu, akibat dari marah yang akan bercabang pada penyakit-penyakit yang membahayakan.

2. Lemahnya Tubuh

Marah yang dapat membuat otot menjadi tegang, akan menimbulkan kelelahan tubuh. Marah semenit saja seperti 4 jam bekerja. Karena akibat dari marah, kelelahan akan terjadi dan menimbulkan metabolisme tubuh menurun. Jika metabolisme menurun, tentu saja penyakit dari luar akan mudah memasuki tubuh.

3. Lemah Otak

Marah selain berakibat hipertensi dan lemahnya tubuh, juga dapat melemahkan otak yang menyebabkan fungsi dari otak akan menurun drastis. Mengapa hal itu terjadi? Ketika marah, darah dalam otak berkurang, darah lebih banyak mengalir pada otot-otot besar, sehingga darah sebagai suatu yang penting dalam otak akan berkurang. Darah yang sebagai asupan oksigen ke otak akan berkurang, sehingga orang yang marah tidak dapat berkonsentrasi, tidak dapat mengontrol sebuah tindakan, dan tindakan yang tak terkontrol akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Itulah sedikit akibat dari marah yang tak terkontrol. Solusinya agar kita semua dapat menahan amarah yang akan berdampak sangat bahaya bagi jiwa dan raga bahkan berbahaya bagi orang lain dan lingkungan adalah:

  • Berdoa dalam hati, khusus orang muslim membaca ta'awudz ...
  • Ketika marah, jangan banyak bicara .. disebabkan dengan berbicara akan menambah tensi marah semakin tinggi.
  • Ubah posisi, maksudnya adalah ketika anda marah dalam keadaan berdiri, duduklah. Jika marah dalam keadaan duduk yaaa tidur saja. hehehe.
  • Berwudhu, dengan membasuhkan air ke wajah dan tubuh, marah akan segera hilang.

Memang yang namanya marah kadang dalam hidup tidak terhindari, tetapi yang namanya amarah harus kita kendalikan, berusaha lebih banyak bersabar dan meningkatkan keimanan dengan cara lebih mendekatkan diri kepada Allah adalah salah satu cara agar mudah dalam mengendalikan jiwa kita. Semoga postingan ini yang berjudul  Dampak Marah Tidak Baik Bagi Kesehatan  berguna untuk kamu dalam hal menambah pengetahuan. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.




Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar