Jumat, 14 September 2012

Kanker Usus, Penyebab, Gejala, dan Pencegahannya


Kanker Usus, Penyebab,  Gejala, dan Pencegahannya  <<>>  Kanker usus (besar rectum) atau sering disebut kanker kolorektal merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi pada jaringan kolon/usus besar atau rektum. Setiap kanker pasti ada penyebab dan gejalanya, nah teman-teman di bawah ini ada informasi tentang penyebab dab gejala kanker usus.

Penyebab Kanker Usus 

Penyebab kanker usus hingga saat ini belum diketahui pasti. Namun ada beberapa faktor resiko yang meningkatkan terjadinya kanker usus, antara lain:
  • Usia: golongan orang tua (berusia diatas 50 tahun) lebih beresiko terkena kanker ussu
  • Pola makan minim sayuran dan buah-buahan
  • Obesitas atau penderita diabetes
  • Merokok dan/atau pecandu alkohol
  • Riwayat polip usus atau penyakit usus: orang-orang yang sering mengalami polip usus, penyakit ulcerative colitis ataupun penyakit Crohn, lebih besar resikonya untuk terkena kanker kolorektal
  • Riwayat kanker usus dalam keluarga: Jika Anda memiliki keluarga dekat (orangtua atau saudara kandung) yang menderita kanker ini, risiko kamu  mungkin meningkat

Terkait dengan riwayat keluarga, Kamu tak perlu khawatir berlebihan jika berasal dari keluarga yang memiliki riwayat penderita kanker usus besar. Umumnya, faktor genetik memang dapat menjadi penyebab munculnya penyakit ini, tapi faktor tersebut bisa dipersempit. Caranya, ubahlah pola makan kamu, ubahlah gaya hidup kamu dan jangan lupa lakukan deteksi dini.. 

Gejala Kanker Usus 
Gejala kanker usus tidak selalu akan hadir pada tahap awal pembentukan kanker. Gejala kanker usus, biasanya tidak akan muncul sampai kanker usus tersebut berlanjut hingga stadium akhir. Karena hal ini lah, sebaiknya anda apabila merasakan ada yang salah dengan usus anda, sebaiknya dilakukan skrining kanker usus. Kanker usus dapat disembuhkan dengan cepat apabila masih pada awal gejala kanker.
Berikut adalah ciri-ciri gejala kanker usus:

a) Darah dalam feses / tinja.
Adanya darah dalam feses / tinja anda merupakan gejala kanker usus yang paling umum. Akan tetapi, bukan berarti apabila ketika anda buang air besar dan ada darahnya maka anda terkena kanker usus. Gejala pendarahan pada waktu buang air besar pun dapa pula merupakan gejala penyakit wasir / hemmorhoid. Sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan ahli pengobatan apabila ada masalah dengan feses atau tinja kamu.

b) Buang air besar sedikit.
Gejala kanker usus lainnya adalah apabila anda sering buang air besar dan feses / tinja anda hanya sedikit atau tipis. Gejala susah buang air besar dan apabila buang air besar nya hanya sedikit kemungkinan ada obstruksi – sesuatu yang menghalangi di usus anda. Bisa saja hal yang menghalangi usus kamu tersebut adalah tumor usus dan atau polip usus.

c) Sembelit / konstipasi.gambar gejala kanker usus
Sembelit atau konstipasi merupakan gejala non spesifik dari gejala kanker usus. Sering mengalami sembelit merupakan gejala dari banyak hal. Bisa saja hal itu termasuk kedalam kategori gejala kanker usus atau hanya penyakit sembelit biasa. Dalam referensi tentang kanker usus besar, terjadinya sembelit dikarenakan adanya tumor yang menghalangi usus besar.

d) Merasa perut kenyang terus.
Perut terasa seperti kenyang walaupun belum makan dan atau merasa ingin buang air besar terus walaupun ketika anda melakukannya tidak ada yang terbuang, bisa jadi hal ini merupakan salah satu gejala kanker usus. Gejala ini biasanya timbul, karena adanya kanker di usus besar anda. Sehingga perut merasa kenyang dan atau seakan-akan ingin buang air besar terus menerus.

e) sakit pada bagian perut.
Sakit pada bagian perut pun merupakan gejala yang samar dari gejala kanker usus. Hal ini terjadi ketika usus besar diblokir oleh tumor. Mual pada bagian perut pun biasanya terjadi apabila di usus besar kita terdapat tumor. Karena tumor tersebut menghalangi kinerja pengeluaran gas pada usus besar kita.

f) Badan sering merasa lelah.
Kelelahan yang berlangsung berhari-hari dapat menunjukan terhadap penderitanya, bahwa dia mempunyai penyakit yang cukup kronis. Dalam kaitannya dengan gejala kanker usus, kelelahan terjadi karena anemia, karena kehilangan darah dalam feses / tinja. Seperti gejala lain dalam gejala kanker usus, kelelahan adalah gejala samar dan dapat terkait dengan banyak kondisi yang juga kurang serius lainnya. Lain halnya apabila kelelahan berlangsung cukup lama.
Tips Mencegah Kanker Usus Besar

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah kanker usus besar :
  • Banyak mengkonsumsi makanan berserat, konsumsi makanan yang mengandung   kalsium dan asam folat.
  • Sebisa mungkin mengurangi dan menghindari makanan yang mengandung kadar   lemak yang tinggi.
  • Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur setiap hari
  • Pertahankan indeks massa tubuh antara 18,5 - 25,0 kg/m2
  • Berolahraga secara teratur
  • Tidak merokok
  • Setelah menjalani polipektomi adenoma, disarankan pemberian suplemen   kalsium.  Disarankan pula suplementasi vitamin E dan D.
  • Segera lakukan kolonoskopi dan polipektomi pada pasien yang ditemukan   adanya polip.
  • Lakukan deteksi dini dengan tes darah samar sejak usia 40 tahun.






Semoga kita dalam hidup terhindar dari kanker usus, amiin. Semoga postingan ini yang berjudul Kanker Usus, Penyebab,  Gejala, dan Pencegahannya  berguna untuk kamu dalam hal menambah pengetahuan. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.




Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar