Minggu, 02 September 2012

Manfaat Dahsyat Buah Pisang


Buah pisang merupakan buah untuk segala umur, betapa tidak, dari balita sampai orang jompo pun dapat memakan buah yang berwarna kuning ini. Itu semua dikarenakan buah pisang buah yang mudah dikunyah di dalam mulut. Ngomong-ngomong berbicara tentang manfaatnya, tentu buah ini pasti memiliki manfaat-manfat untuk kesehatan manusia. Buah Pisang mengandung 3 gula alami yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa. selain mengandung gula alami buah pisang juga mengandung banyak serat yang tentunya sangat baik untuk membantu sistem pencernaan dalam tubuh. Di bawah ini adalah beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan manusia :

1. Mengatasi Anemia.

Buah pisang mengandung zat besi yang relatif tinggi sehingga buah pisang mampu membantu fungsi hemoglobin dalam tubuh. bagi penderita anemia disarankan untuk mengkoinsumsi buah pisang secara rutin, hal ini sangat baik untuk mengembalikan tekaknana darah dalam tubuh dan membantu untuk menstabilakn hemoglobin.

2. Membantu Meningkatkan Kosentrasi.

Jika anda sulit untuk melakukan kosentrasi, maka sebaiknya anda mengkonsumsi buah pisang, karena buah pisang ini mengandung kalsium yang berfungsi untuk meningkatkan kosentrasi. Nah ini sepertinya sangat baik bagi pelajar dan mahasiswa, karena dalam belajar membutuhkan konsentrasi yang baik.

3. Mengatasi Diare dan Sembelit.

Seperti yang saya sebutkan di awal, buah pisang mengandung banyak serat sehingga akan membantu fungis pencernaan. selain itu potasium yang terkandung dalam buah pisang sangat baik untuk penderita diare, dan buah pisang mengandung pektin, pektina dalah salah satu jenis serat yang larut dalam air.

4. Sebagai Sumber Energi dan Mengatasi Rasa Lelah.

Seperti kita ketahui tekstur buah pisang yang lembut ini akan mudah di cerna oleh tubuh, selain itu kandungan gula alami yang terdapat dalam buah pisang akan menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh.

5. Sangat Bermanfaat Bagi Ibu Hamil.

Pisang mengandung asam folat yang mana sangat mudah di serap oleh janin melalui rahim sang ibu. meskipun demikian mengkonsumsi buah pisang secara berlebihan juga tidak baik bagi janin karena buah pisang ini mengandung kalori yang cukup tinggi.

6. Sebagai Masker Pelembut Kulit.

Campurlah bubur pisang dengan madu dan susu, aduk hingga merata, dan oleskan pada wajah anda dan biarkan selama 30 menit. dan bilas dengan air hangat, kemudian bilas lagi dengan air dingin, lakukan hal itu secara teratur setiap hari, maka dalam waktu kurang lebih 15 hari kulit anda akan telihat lebih halus dan bersih.
 
7.  Dapat Membuat Tulang Sehat

Pisang merupakan sumber yang sangat kaya fructooligosaccharide, suatu senyawa yang memelihara probiotik (ramah) bakteri dalam usus besar. Bakteri ini memproduksi enzim yang bermanfaat meningkatkan kemampuan pencernaan kita dan melindungi kita dari infeksi bakteri yang tidak sehat. Berkat fructo, bakteri probiotik dapat meningkatkan baik dalam jumlah dan fungsi, meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyerap kalsium.  Selain itu, pisang hijau mengandung asam lemak rantai pendek dicerna (SCFAs) yang sangat nutrisi ke sel-sel yang membentuk mukosa lambung. Sel-sel ini, ketika sehat, menyerap kalsium dengan lebih efisien

8.  Ginjal Sehat

Sekitar 190.000 kasus kanker ginjal didiagnosis setiap tahun. Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer telah menunjukkan bahwa konsumsi harian buah dan sayuran utuh, terutama pisang, sangat protektif terhadap kesehatan ginjal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, selama jangka waktu yang panjang (13,4 tahun), perempuan makan lebih dari 2,5 porsi buah dan sayuran per hari mengurangi risiko kanker ginjal sebesar 40%. Di antara buah-buahan, pisang secara khusus pelindung. Wanita makan pisang empat sampai enam kali seminggu dibelah dua risiko pengembangan penyakit dibandingkan dengan mereka yang tidak makan buah ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa konsumsi sering buah-buahan dan sayuran, sayuran terutama pisang, kol dan akar, dapat mengurangi risiko kanker ginjal. Hal ini karena sayuran akar pisang dan banyak mengandung jumlah tinggi terutama senyawa fenolik antioksidan, sedangkan kubis kaya belerang, diperlukan untuk detoksifikasi efektif karsinogen potensial. Saya tidak menyangka ternyata pisang bagus untuk ginjal.
 
 
Untuk mendapatkan buah pisang tentu tidak sulit, buah pisang banyak orang yang menjual, dan buah pisang tersebut ada sepanjang tahun dan mudah di dapat, mungkin berbeda dengan buah musiman, tentunya untuk mendapatkan buah musiman sesuai dengan musim pada waktu itu. Di samping itu juga buah pisang buah yang murah harganya. Semoga postingan ini yang berjudul  Manfaat Dahsyat Buah Pisang berguna untuk teman-teman semua. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.




Artikel Terkait Menarik Lainnya:

1 komentar: