Rabu, 19 September 2012

Temulawak Untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya


Temulawak Untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya  <<>> Temulawak, temulawak adalah tanaman yang biasa tumbuh di daerah tropis seperti negeri kita ini, nama latin temulawak adalah Curcuma xanthorhiza. Temulawak termasuk tanaman obat dalam kategori jahe, dan kalau dilihat sepintas hampir mirip dengan tanaman kunyit. Sejak jaman nenek muyang kita dahulu sudah mengenal manfaat temulawak, mereka biasa menggunakan tumbuhan temulawak ini sebagai obat tradisional sakit kuning, diare, sakit maag, perut kembung, dll. Untuk mendapatkan temulawak tentu tidak sulit, di pasar banyak orang yang menjualnya.

Berikut adalah manfaat temulawak bagi kesehatan :

1. Memelihara kesehatan fungsi hati.

Manfaat temulawak dapat digunakan untuk memelihara kesehatan fungsi hati karena kandungan kalagoganya.Dimana,kalagoganya ini berfungsi untuk produksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kandung empedu. Temulawak juga dapat mengurangi kerja enzim glutamate oksaloasetat transaminase (GOT) serta menurunkan kerja enzim glutamate piruvat transaminase (GPT) baik, secara pra klinik in vitro dan in vivo maupun secara klinik. Hasil uji klinik menunjukkan bahwa dosis yang digunakan untuk memperoleh manfaat menurunkan kadar SGOT dan SGPT adalah 15-30 mg kurkumin.

2. Memperbaiki fungsi pencernaan.

Secara pra klinik ditemukan bahwa serbuk rimpang dapat meningkatkan aktivitas dalam cairan lambung sehingga membantu metabolisme dan mengurangi kontraksi usus halus.

Cara pemakaian: ambil 2 gram rimpang kering atau 8 gram temulawak segar. Panasi rimpang dengan air suhu 90 derajat selama 15 menit. Disaring, minum 2-3 kali sehari di antara waktu makan.

3. Menambah nafsu makan.

Secara pra kilinik dan klinik ditemukan bahwa rimpang temulawak dapat meningkatkan / memperbaiki nafsu makan. Manfaat ini berkaitan dengan efek minyak atsirinya yang bersifat karminativum.

Cara Pemakaian : ambil 25 gr temulawak, 10 gr asam jawa dan gula merah secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan diminum.

4. Mengurangi nyeri dan radang sendi.

Pada temulawak terdapat kandungan Kurkumin yang berfungsi sebagai antiradang yang setara dengan 100 mg fenilbutazon yang dapat mengurangi nyeri dan radang sendi.Cara kerjanya yaitu melalui penghambatan migrasi sel-sel leukosit ke daerah radang atau melalui penghambatan pembentukan serta transportasi mediator radang yaitu prostagladin. Dari hasil uji klinik menunjukkan adanya perbaikan pada penderita radang sendi.

Cara pemakaian : ambil 25 gr temulawak berikut 20 gr jahe merah direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

5. Menurunkan lemak darah.

Hasil uji praklinik dan klinik menunjukkan bahwa ekstrak temulawak dan fraksi kurkuminoidnya dapat menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida dan meningkatkan kadar HDL kolesterol. Komponen yang diduga berperan dalam menurunkan lemak darah adalah kurkuminoid.

Cara pemakaian : ambil 25-50 gram temulawak kering. Dididihkan pada 200 ml air, hingga tersisa 100 ml. Air rebusan disaring dan diminum pagi dan sore.
 
6. Mengahmbat penggumpalan darah.

Kurkumin dari temulawak dapat membantu menghambat penggumpalan darah dengan cara menghambat pembentukan tromboksan B-2, suatu senyawa yang berperan dalam proses penggumpalan darah.

Cara pemakaian : ekstrak kering temulawak direbus, minum 3x sehari. Setiap minum 250 - 600 mg.

7. Sebagai antioksidan dan membantu pemeliharaan kesehatan.

Kurkumin pada temulawak berguna  sebagai antioksidan karena mampu menangkap radikal-radikal bebas oksigen seperti anion superoksid, dan radikal hidroksil sehingga membantu memelihara kesehatan.

Cara pemakaian : Gunakan ekstrak kering temulawak direbus , minum 3 kali sehari, tiap kali lebih kurang 250 -500 mg.

8. Untuk mengobati jerawat.

Cuci rimpang temulawak sebesar 1 jari, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya rebus dalam 4 gelas minum air bersih sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu kedalam air saringannya seperlunya, lalu diminum. Pengobatan dilakukan sehari 2 kali, setiap kali cukup 1 gelas.

9. Melancarkan ASI.

Khasiat dan manfaat temulawak untuk pelancar ASI bisa mencoba membuat ramuan sebagai berikut, Cuci 20g rimpang segar temulawak, lalu parut. Hasil parutannya peras dan saing, lalu ditim sampai mendidih. Setelah dingin, tambahkan 2 sendok makam madu sambil diaduk rata, lalu diminum. Lakukan pagi dan sore dengan takaran yang sama banyak.

10. Menyembuhkan nyeri haid.

Sediakan 10 iris rimpang temulawak, asam kawak, sebesar telur burung puyuh dan gula enau sebesar 3 jari. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 2 gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, minum ramuan tersebut. Lakukan setiap hari selama 1 minggu sebelum haid.
  

CATATAN :
  •  Bagi penderita sakit ginjal sebaiknya tidak minum sari temulawak yang mentah.
  • Perlu diperhatikan dalam pemakaiannya jangan terlalu berlebihan kalau sedang mengidap penyakittertentu, konsultasikan ke dokter. Usahakan meminumnya secukupnya saja.
 
  
Semoga postingan ini yang berjudul Temulawak Untuk Kesehatan dan Cara Menggunakannya berguna untuk kamu dalam hal menambah pengetahuan. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.




Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar