Minggu, 09 September 2012

Tips Cara Mudah Agar Berhenti Merokok


Tips Cara Mudah Agar Berhenti Merokok  <<>>  Sungguh beruntung apabila kita bukan lah seorang perokok. Apabila kita bukan lah perokok, tentu saja kita akan terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh rokok. Tentu teman-teman sudah tahu bahaya dari merokok itu sendiri. Biasanya apabila orang sudah kecanduan merokok kalau ingin berhenti tentu ada kesulitan. Hal tersebut kemungkinan karna faktor kebiasaan yang lama, sebab yang namanya kebiasaan dalam waktu yang lama agak susah untuk berhenti dari kebiasaan lama tersebut. Jika kamu adalah seorang yang perokok dan ingin berhenti dari merokok, saya ucapkan selamat, karna dengan berhenti merokok maka kualitas kesehatan akan menjadi lebih baik. Di bawah ini ada beberapa tips mudah agar berhenti merokok, diantaranya :


1.      Niatkan dalam hati bahwa anda benar-benar ingin berhenti, ini adalah modal awal dan  harga mati jika anda tidak berniat dengan sungguh-sungguh saya rasa anda bakal kembali lagi merokok

2.      Hindari hal-hal yang membuat kenyamanan merokok, misal saat senggang usahakan diisi dengan membaca karena akan memancing kita untuk merokok, saat menonton tv sediakan cemilan agar kita aktif dan tidak diam.

3.      Ganti rokok dengan permen mint, biasakanlah untuk mencoba mengganti rokok dengan permen mint, dengan adanya aktivitas mengunyah sesuatu di mulut, maka dorongan untuk merokok akan berkurang.

4.      Berhentilah secara perlahan, bila anda berhenti mendadak maka akan sangat sulit bagi Anda untuk berhenti total, karena seperti orang puasa disaat ia sudah tidak mampu menahannya lagi maka justru bisa menghabiskan berbungkus-bungkus rokok maka itu akan menjadi sia-sia. Lakukan bertahap, misal dari kebiasaan sebungkus sehari dikurangi menjadi setengah bungkus sehari, beberapa minggu kemudian kurangi lagi menjadi 2 atau 3 batang sehari, sampai akhirnya sebatang sehari, maka lama-lama anda merasa rokok itu sudah tidak enak lagi. Apabila perasaan tidak enak ini muncul, maka anda tetap masih ingin merokok hanya saja begitu anda merokok anda pasti merasa tidak nyaman sehingga terkadang belum habis sudah dimatikan, karena hasratnya ada hanya diawal saja tetapi begitu merasa anda sudah mual. Trik ini sangat efektif dan kemungkinan berhasilnya 90%, meskipun terkadang hasrat merokok itu masih ada tetapi boleh dicoba saat merokok lagi hanya mual yang ada bahkan tidak enak.

5.      Hindari lingkungan orang-orang yang merokok, jangan menerima tawaran rokok dari orang lain dan jangan berusaha berpura-pura merokok seperti misalnya mengemut pensil seolah-olah itu rokok.

6.    Lakukan olah raga secara rutin, karena tubuh begitu merasakan suatu kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatannya maka kita akan malas untuk merusak kesehatan tersebut. Hal ini yang menyebabkan mengapa para olahragawan jarang ada yang perokok.

7.      Lingkungan disekitar anda juga harus mendukung anda untuk berhenti merokok, misalnya kawan, orang tua, pacar atau istri. Maka ketika anda mencoba untuk merokok, orang-orang disekitar anda bisa mengingatkan dan bahkan melarang.

8.      Buatlah daftar/list dan pola pikir kenapa anda harus berhenti merokok, misalnya:
  • Saya harus berhenti merokok supaya hidup jauh lebih sehat
  • Biar berat badan bertambah maka saya harus berhenti merokok
  • Biar bisa berhenti merokok,maka saya harus berhenti minum kopi,dll.
 

  
Bagi kamu yang ingin berhenti merokok, Tips-tips diatas harus dilakukan secara kontinyu sehingga dengan tidak langsung akan menjadi sebuah kebiasaan beru untuk anda. Menurut saya ada hal yang sangat-sangat penting agar dapat berhenti merokok adalah kesungguhan niat di dalam hati untuk berhenti merokok, sebab apabila tidak adanya kesungguhan niat tersebut, maka segala macam tips tidak akan berguna. Yakin kan di hati anda bahwa apabila berhenti merokok maka banyak sekali keuntungan yang didapat. Sekali lagi kesungguhan NIAT, NIAT, dan NIAT sangat penting.  Semoga postingan ini yang berjudul  Tips Cara Mudah Agar Berhenti Merokok berguna untuk kamu dalam hal menambah pengetahuan. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.





Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar