Manfaat dan Khasiat Brokoli Bagi Kesehatan Manusia <<>> Brokoli, tentu teman-teman pada tau atau pernah memakannya yang namanya brokoli. Menurut saya sih bentuk dari brokoli ini lucu dan menggemaskan, heheee, jadi lucu dan menggemaskan karena bentuknya itu loh teman-teman seperti rambut kribo yang tebal. Saya sendiri sih suka juga makan brokoli, biasanya brokoli yang saya makan diolah dalam masakan sup, rasanya pun juga enak menurut saya. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang brokoli itu sendiri yaitu manfaatnya bagi kita. Sebelum ke manfaatnya alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kandungan nilai sumber gizi alami brokoli yaitu seperti kalium, asam aminokar, seng, anti karsinogen, bohidrat, omega 3 asam lemak, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, betakaroten, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kromium, kalium, mangan, glucoraphanin, diindolylmethane, zeaxanthin, air dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Oh iya teman-teman ada informasi nih, selain itu juga Kandungan Zat yang terdapat dalam  brokoli yang paling penting adalah untuk mencegah urusan lambung yaitu sulforaphane, bisa meningkatkan produksi enzim pada hati. Enzim ini memiliki peran untuk menggandeng bahan-bahan karsinogen (menyebabkan kanker) yang mengeluarkannya dari sel. Disamping itu, sulforaphane juga memiliki kemampuan untuk membunuh Helicobacter pylori (yaitu kuman pengganggu kerja lambung). Kalau di tinjau dalam dunia medis, kuman tersebut adalah sebagai penyebab utama terjadinya luka, kanker dan lambung. Wow luar biasa ya teman-teman kandungan yang terdapat pada brokoli, untung saya suka makan brokoli, hehee.
Nah teman-teman di bawah ini adalah Manfaat dan Khasiat Brokoli bagi kesehatan kita :

1. Menurunkan kolesterol
Kandungan serat pada brokoli bisa mematikan sedikit demi sedikit kolesterol dalam tubuh. Selain itu, serat dalam brokoli membuat asam empedu dalam saluran pencernaan Anda jadi lebih baik. Cara terbaik untuk menurunkan kolesterol adalah dengan direbus, supaya bakteri dalam brokoli mati.

2. Dampak positif pada sistem detoksifikasi
Kandungan zat glucoraphanin, gluconasturtiian, dan glucobrassicin, dalam brokoli, mampu mendukung semua langkah dalam proses detoksifikasi tubuh, termasuk aktivasi, netralisasi, dan penghapusan kontaminan yang tidak diinginkan. Isothiocyanate (ITC) adalah molekul detoks yang mengatur untuk menghancurkan racun-racun dalam tubuh anda di saat Anda mengonsumsi brokoli.  Dan brokoli bisa membantu mengendalikan proses detoksifikasi pada tingkat genetik.

3. Membantu atasi kekurangan vitamin
Vitamin D diperlukan untuk mengimbangi kekurangan di tubuh, persediaan yang cukup baik vitamin K dan vitamin A membantu menjaga metabolisme. Sedangkan  vitamin D dalam tubuh Anda untuk mengatur keseimbangan.

4. Sumber kaya vitamin kaempferol yang disebut flavonoid
Dalam Brokoli mengandung Kaempferol yang bermanfaat untuk mengurangi dampak zat alergi pada tubuh kita.

5. Mampu mencegah perkembangan Tumor
Johns Hopkins University mengadakan penelitian yang akhirnya menemukaa bahwa senyawa yang terkandung dalam brokoli dapat mencegah perkembangan tumor sebesar 60 persen, bahkan brokoli ini mampu mengurangi ukuran tumor yang tidak berkembang sebesar 75 persen.

6. Mencegah terjadinya Kanker
Brokoli  memiliki manfaat untuk  mencegah terjadinya kanker kolon, kanker prostat, kanker paru, dan kanker perut. Zat yang terkandung di dalam brokoli juga bermanfaat sebagai antioksidan. Kandungan anti-acetylcholinesterase-nya juga dapat mencegah kanker prostat.

7. Mencegah Alzheimer
Brokoli mengandung banyak mineral dan vitamin, dan merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa mengatasi penyakit Alzheimer. Brokoli berkhasiat untuk menguatkan ingatan, sehingga sayuran itu digunakan untuk mencegah dan merawat penderita alzheimer (pikun). Mengkonsumsi brokoli dalam jangka panjang bisa mengurangi penurunan kadar acetylcholine di sistem saraf pusatnya.

8. Penangkal Radikal Bebas (Memperlambat Penuaan)
Brokoli mengandung vitamin A, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin A pada brokoli mengandung antioksidan (penangkal radikal bebas) yang lebih baik ketimbang antioksidan yang hanya dimiliki vitamin C saja. Revitalisasi evitel vitamin A dapat mengambat dan memperlambat penuaan pada kulit. Selain itu, secara bersamaan brokoli juga melindungi kulit dalam mata, menjaga dan meningkatkn kepekaan panca indra.

9. Mencegah Sembelit / Konstipasi
Kandungan nutrisi, fivonoid dan serat, bermanfaat untuk mencegah konstipasi/sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

10. Mengurangi resiko terkena jantung Koroner
Kandung zat sulforaphane dalam Brokoli yang efektif untuk mencegah kerusakan pada jantung. Brokoli mampu melindungi jantung dari sel-sel perusak. Brokoli merupakan salah satu sayuran dari 5 sayuran yang direkomendasikan sebagai sayuran yang bisa dikonsumsi setiap hari untuk mengurangi resiko jantung Koroneer.

11. Mampu menekan Resiko beragam Gangguan Pencernaan
KAndungan Sulforaphane dalam brokoli mampu menekan resiko beragam gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung, dan kemungkinan kanker perut. Sulforaphane mampu meningkatkan produksi enzim di hati. Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen (menyebabkan kanker) yang dan mengeluarkannya dari sel, dan mampu membunuh Helicobacter pylori (kuman pengganggu kerja lambung). Dalam dunia medis, kuman tersebut adalah penyebab utama luka dan kanker dan lambung.

12. Menghindarkan dari Osteoarthritis(radang sendi)
Kandungan senyawa sulforaphane dalam brokoli mampu memblokade enzim penyebab kerusakan sendi pada osteoarthritis. Osteoarthritis adalah bentuk radang sendi yang paling umum.
 

Banyak ya ternyata teman-teman manfaat dan khasiat brokoli, kalau kamu mulai tertarik untuk makan brokoli, kamu dapat dengan mudah ko mendapatkannya di pasar, jadi kalau teman-teman ada yang tidak suka sama sekali makan jenis sayur-sayuran alangkah baiknya mulai membiasakan diri untuk menyukai jenis sayuran, ya salah satunya adalah brokoli, dan masih banyak lagi tentunya jenis sayuran selain brokoli. Kalau ingin hidup sehat jangan lupa makan sayur-sayuran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman semua dalam hal menambah pengetahuan, mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan di hati. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.