Dahulu ketika waktu SD mendengar kata amandel terus terang saya belum tahu apa itu amandel, sebelumnya apakah teman-teman mengetahui tentang amandel dan penyakit amandel ? saya ingin berbagi informasi mengenai penyakit amandel dan gejala-gejalanya.  Amandel atau yang biasa juga disebut tonsil adalah sekumpulan jaringan limfoid yang terletak di kerongkongan di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Tahu tidak teman-teman fungsi amandel ? Fungsi amandel adalah untuk mencegah agar infeksi tidak menyebar ke seluruh tubuh dengan cara menahan kuman memasuki tubuh melalui mulut, hidung, dan kerongkongan. Jadi jangan heran teman-teman kalau amandel mengalami peradangan. Peradangan pada amandel ini lah yang di masyarakat umum sering disebut dengan penyakit amandel. Menurut informasi yang saya dapat Penyakit amandel ini disebabkan oleh bakteri Streptococcusbeta hemolyticus, Streptococcus virdians, dan Streptococcus pyogenes. 

Kalau teman-teman ingin tahu secara lengkap fungsi dari amandel, di bawah ini adalah fungsi amandel, antara lain :

  1. Amandel dapat berfungsi sebagai pembunuh kuman dan mikro organisme yang masuk melalui organ mulut.
  2. Berfungsi sebagai penghasil limfosit yang merupakan bagian dari jenis sel darah putih (leukosit)
  3. Sebagai penghasil anti body yang menghasilkan Imunoglolubin A yang berfungsi sebagai benteng pertahanan lokal terhadap kuman penyakit yang masuk melalui organ mulut dan rongga hidung.
Nah sekarang, di bawah ini adalah tanda dan gejala umum terjadinya penyakit amandel :

    * Tenggorokan sakit.
    * Sulit atau sakit saat menelan.
    * Sakit kepala.
    * Demam dan kedinginan.
    * Pembesaran, pembengkakan kelenjar (kelenjar getah bening) disekitar  rahang dan leher.
    * Kehilangan suara.
    * Tender, kaku, dan / atau leher bengkak.
    * Batuk.
    * Sakit mata.
    * Tubuh sakit.
    * Otalgia.
    * Panas dingin.
    * Hidung mampet.
    * Disekitar amandel berwarna merah sehingga menimbulkan bintik-bintik  berwarna putih.
    * Badan terasa mengigil.

Kalau teman-teman ada merasa gejala-gejala di atas alangkah baiknya segera periksakan diri ke dokter, saya dulu kalau tidak salah pernah mengalami penyakit amandel, salah satu yang saya rasakan adalah kalau menelan makanan terasa sakit. Semoga postingan ini berguna untuk teman-teman dalam menambah pengetahuan tentang Penyakit  amandel dan gejala-gejalanya.