Kamis, 23 Agustus 2012

Penyakit Eksim dan Gejalanya


Pernahkah teman-teman mengetahui tentang Penyakit Eksim ? Eksim atau Dermatitis adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang mana kulit tampak meradang dan iritasi. Dari pengertian tersebut kulit yang diserang dari bagian tubuh kita, itu berarti penyakit tersebut dapat langsung kita lihat dengan mata telanjang kita. Penyakit eksim dibedakan menjadi 2, yaitu: eksim kering dan eksim basah. Bagian dari tubuh yang paling sering terkena penyakit eksim ini adalah: sela-sela jari tangan maupun kaki, sela - sela paha, daerah belakang lutut, pergelanga tangan, dan daerah di sekitar leher. Untuk gejala utama penyakit eksim yaitu rasa gatal dibagian tubuh yang terkena penyakit eksim. Terkadang rasa gatal sudah muncul sebelum ada tanda kemerahan pada kulit. Gejala kemerahan biasanya akan muncul pada wajah, lutut, tangan dan kaki, namun tidak menutup kemungkinan kemerahan muncul di daerah lain. Daerah yang terkena akan terasa sangat kering, menebal atau keropeng. 

Dibawah ini adalah Gejala atau tanda-tanda penyakit eksim yang harus kita ketahui :
  1. Rasa panas dan dingin yang berlebihan pada bagian kulit yang terkena eksim.
  2. Rasa gatal terutama terasa pada malam hari.
  3. Akan tampak lepuhan-lepuhan kecil dan kulit bersisik yang keras pada permukaan kulit yang akan disertai dengan pembengkakan.
  4. Eksim akan sangat cepat sekali penularannya pada kulit yang lain.
  5. Eksim dapat dibedakan menjadi 2 yaitu eksim kering dan eksim basah. Eksim kering akan tampak pada kulitnya kering, bersisik, kemerah-merahan, kadang-kadang bengkak, dan terasa gatal. Sedangkan pada eksim basah kulitnya akan tampak merah, bengkak, melepuh, dan basah, timbul bintil-bintil yang mengandung air atau nanah yang menimbulkan rasa gatal.
Kalau kita merasakan gejala-gejala diatas alangkah baiknya segera ke dokter, Jika tidak ditangani dengan benar, penyakit eksim ini bisa menyebabkan borok dan menjalar ke bagian kulit yang belum terinfeksi.




Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar