Kamis, 13 September 2012

Kanker Otak, Gejala dan Pencegahannya


Kanker Otak, Gejala dan Pencegahannya  <<>>  Kanker otak, mendengarnya saja agak sedikit seram, kanker otak merupakan salah satu kanker yang berbahaya.   Kanker otak adalah penyakit dari otak dimana sel-sel kanker (yang berbahaya) tumbuh dalam jaringan otak. Sel-sel kanker tumbuh membentuk massa dari jaringan kanker (tumor) yang mengganggu fungsi-fungsi jaringan otak seperti kontrol otot, sensasi, memori, dan fungsi-fungsi tubuh normal lainnya. Memang sangat berbahaya teman-teman yang namanya kanker otak ini. Bukan kah kita sudah mengetahui begitu luar biasa fungsi otak yang ada di kepala kita, apabila otak sudah terserang kanker tentu sangat membahayakan. Semoga kita tidak terkena yang namanya kanker otak, amiin.


Gejala Kanker Otak

Setiap bagian tubuh kita yang terkena kanker tentu ada gejala-gejala yang dirasakan. Setiap bagian otak bisa terkena tumor/kanker. Walaupun tumor jinak, tapi karena tumbuhnya di otak, bisa menjadi sangat berbahaya. Tumor tersebut dapat mengganggu fungsi dan merusak struktur susunan saraf pusat, karena terletak di dalam rongga yang terbatas (rongga tengkorak). Seiring dengan berkembangnya tumor tersebut, jaringan otak akan semakin tertekan. Padahal volume rongga tengkorak sangat terbatas dan tidak mungkin bertambah besar. Inilah yang menjadikan sakit kepala / pusing sebagai gejala awal kanker otak.  Ciri-ciri awal kanker otak sangat bervariasi, tergantung pada bagian otak mana yang terserang. Misalnya kepala pusing atau terasa mual. Berikut gejala kanker otak yang patut Anda waspadai:

    * sakit kepala disertai mual sampai muntah yang menyemprot
    * daya penglihatan berkurang
    * penurunan kesadaran atau perubahan perilaku
    * gangguan berbicara
    * gangguan pendengaran
    * gangguan berjalan / keseimbangan tubuh
    * gangguan saraf
    * anggota gerak melemah atau kejang
    * pada bayi biasanya ubun-ubun besar menonjol

Ingat ya teman-teman, daftar di atas hanya merupakan gejala. Walaupun kamu mengalami satu atau lebih gejala di atas, belum tentu kamu terkena kanker otak. Untuk memastikan, kamu harus diperiksa langsung oleh dokter ahli syaraf serta menjalani pemeriksaan lanjutan seperti CT scan, MRI, angiogram, myelogram, spinal tap dan biopsi.


Langkah-langkah untuk mencegah penyakit Kanker Otak

Motto mencegah lebih baik dari pada mengobati sangat lah penting dalam usaha kita agar tidak terkena suatu penyakit atau pun kanker, di bawah ini ada Langkah-langkah untuk mencegah penyakit Kanker Otak :

    1. Kalau Anda mengalami gejala-gejala, seperti sering sakit kepala yang hilang timbul, atau tidak hilang-hilang, muntah-muntah tanpa sebab, penurunan penglihatan yang tidak dapat dikoreksi dengan kacamata, kelemahan anggota gerak secara bertahap, berjalan limbung, gejala layaknya vertigo atau sempoyongan, maka segera lakukan pemeriksaan diri dan dianjurkan melakukan pemeriksaan MRI.

    2. Jangan biarkan stres berat menyerang terus-menerus, sempatkan waktu beristirahat, dan lakukan refreshing yang dapat mengurangi dan menghilangkan stres Anda.

    3. Batasi radiasi langsung yang terlalu berlebihan pada tubuh, lebih baik gunakan hansfree bila menggunakan telepon seluler dalam waktu lama.

    4. Terapkan pola makan sehat dengan gizi yang seimbang, misalnya memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayur, dan biji-bijian. Ditambah membatasi diri mengonsumsi lemak.

    5. Kurangi konsumsi makanan yang diasap, dibakar dan diawetkan dengat nitrit, maupun zat-zat kimiawi buatan lainnya.

    6. Hentikan konsumsi alkohol dan rokok.

    7. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. Apalagi kalau Anda mempunyai riwayat keluarga penderita kanker otak.

    8. Jangan mengonsumsi obat-obatan tertentu sebelum mendapat resep rujukan dokter. Kesalahan penggunaan obat dapat merangsang perkembangan sel kanker.

    9. Lakukan olahraga secara teratur dan pada porsi yang cukup.


   
Memang yang namanya kanker terkadang kita tidak tahu kapan kanker itu menyerang bagian tubuh kita. Paling tidak dalam hidup kita ada berusaha untuk menerapkan pola hidup sehat dan juga jangan lupa untuk berdoa minta diberikan kesehatan dan dijauhkan dari kanker. Nah teman-teman semoga postingan ini yang berjudul  Kanker Otak, Gejala dan Pencegahannya berguna untuk kamu dalam hal menambah pengetahuan. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.






Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar