Sabtu, 01 September 2012

Manfaat Luar Biasa Buah Semangka


Buah semangka, sering rasanya ketika bulan puasa banyak buah semangka hadir dalam menu buka puasa, kebanyakan sih pas acara buka bersama ada buah semangka disajikan. Saya sendiri termasuk suka dengan buah ini. Buah semangka menurut saya masih buah yang harganya tidak mahal alias murah, berbeda dengan buah anggur, agak mahal harganya. Tanaman buah semangka ini hampir ada diseluruh dunia.  Kalau berbicara masalah manfaat, tentu buah semangka ini ada manfaatnya.

Beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan manusia :
  1. Manfaat kesehatan dari semangka yang benar-benar mengagumkan. semangka merupakan sumber dari beberapa antioksidan yang paling penting yang ditemukan di alam.
  2. Sumber vitamin C dan juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, terutama melalui konsentrasi beta-karoten.
  3. Semangka merah yang indah juga merupakan sumber antioksidan karoten kuat yang disebut lycopene. Antioksidan menjalar ke seluruh tubuh menetralisir radikal bebas. Radikal bebas adalah zat dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan banyak untuk kita. Mereka mampu mengoksidasi kolesterol, sehingga menempel pada dinding pembuluh darah dan menebal mereka yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Lycopene (pemberi warna merah pada buah) yang kita temukan dalam semangka dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat.
  4. Ini adalah fakta mengejutkan bahwa hanya semangka merupakan buah yang mengandung lycopene dengan konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran segar lainnya.
  5. Semangka adalah buah yang kaya elektrolit natrium dan kalium, cocok untuk mengganti cairan tubuh yang biasanya kita kehilangan zat ini ketika berkeringat.
  6. Semangka kaya akan vitamin B yang diperlukan untuk produksi energi. Makanan ahli merekomendasikan semangka sebagai sumber yang sangat baik untuk vitamin B6, sumber vitamin B1 dan magnesium. Karena kadar air yang lebih tinggi sekitar sembilan puluh persen dan nilai kalor berada di peringkat lebih tinggi daripada buah-buahan lainnya.
  7. Semangka memiliki efek pendinginan khusus dan ini sangat tinggi di citrulline, asam amino yang tubuh kita gunakan untuk membuat asam lain arginin, amino, yang digunakan dalam siklus urea untuk menghilangkan amonia dari tubuh.
  8. Antioksidan membantu mengurangi keparahan asma. Hal ini juga mengurangi resiko kanker usus besar, asma, penyakit jantung, rheumatoid arthritis, dan kanker prostat.
  9. Semangka merupakan sumber yang baik thiamin, kalium dan magnesium yang melindungi tubuh kita dari penyakit begitu banyak.
  10. Semangka bebas dari lemak tetapi mampu membantu produksi energi. Ini melindungi terhadap degenerasi makula. 
  11.  

Saya dulu masih kecil beranggapan manfaat buah semangka hanya sedikit, karna buah semangka kan sebagian besar isi nya air, maklum dulu kan masih kecil hehehee , nama juga anak-anak, belum luas ilmu pengetahuan. Karena kita sudah mengetahui begitu banyak manfaat buah semangka, ya alangkah baiknya sempat kan lah makan buah semangka. Ingat lho, kalau makan buah jangan sekaligus banyak, nanti bisa sakit perut, makan lah dengan yang wajar-wajar saja. Semoga postingan ini berguna untuk teman-teman semua dalam hal menambah pengetahuan. Terima kasih telah mengunjungi blog ini. 





Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar