Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Tubuh  >>>> Bagi umat islam puasa ramadhan merupakan ibadah wajib, dan didalam melaksanakan puasa tersebut terdapat hikmah positif bagi manusia diantaranya adalah bagi tubuh manusia, manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

1. Insulin Turun
    Produksi insulin sedikit, resiko penuaan sel menurun
 
2. Pencernaan Istirahat
    Lambung, usus dan pencernaan lain istirahat, baik untuk kesehatan
 
3. Berat Badan Terkontrol
    Glikogen atau cadangan gula akan diubah menjadi energi tidak bertumpuk menjadi lemak
 
4. Metabolisme Meningkat
    Mengurangi resiko diabetes dan penyakit lainnya
 
5. Meningkatkan Fungsi Otak
    Salah satu manfaat dari Puasa adalah diketahui dapat mendorong produksi protein yang mendukung   pembentukan dan perkembangan saraf.
 
6. Tubuh mengaktifkan Detoksifikasi
Selama kita berpuasa sekitar 12 jam, maka Detoksifikasi akan berlangsung, sistem pencernaan seperti hati, pankreas, lambung, usus besar, dan usus halus beristirahat, ketika nanti kita berbuka maka organ pencernaan mampu bekerja dengan lebih baik lagi. 
 
 7. Fungsi organ reproduksi meningkat
Salah satu manfaat puasa adalah Fungsi organ reproduksi meningkat, Hal ini terkait dengan peremajaan sel-sel yang berpengaruh pada sel-sel urogenitalis dan alat-alat reproduksi lainnya. Hormon yang berkaitan dengan masalah perilaku seksual tidak hanya dihasilkan oleh organ indung telur (estrogen) dan testis (testosteron), tetapi juga oleh kelenjar hipofisis (kelenjar produsen hormon tertentu).
 
 
Demikian lah manfaat puasa bagi tubuh, semoga informasi ini bermanfaat dan membuat kita lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan.