Selasa, 11 September 2012

Tips Meningkatkan Daya Ingat


Tips Meningkatkan Daya Ingat  <<>>  Dalam kehidupan kita, daya ingat merupakan hal yang penting dalam kehidupan kita. Sudah hal yang wajar apabila umur semakin tua yang namanya daya ingat itu pasti akan menurun. Tentu ada perbedaan daya ingat orang yang sudah tua denga orang yang masih muda. Meskipun seseorang itu masih muda, ada juga yang daya ingatnya lemah. Daya ingat yang baik sangat diperlukan bagi para pelajar dan pekerja. Hal ini dikarenakan karena pada saat itu adalah masa-masa yang produktif. Di bawah ini ada beberapa Tips  meningkatkan daya ingat, diantaranya :


1. Makanan

Dapatkan nutrisi untuk meningkatkan daya ingat kamu dari makanan-makanan sehat seperti minyak ikan. Untuk makanan yang lainnya, kamu bisa mengkonsumsi blueberry, buah bit, dan bawang merah. Asam folat seperti brokoli, pisang, dan kacang polong juga bermanfaat menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat kamu.

2. Berolahraga

Latihan secara fisik bisa mendukung perbaikan sirkulasi darah. Olahaga yang bisa anda lakukkan misalnya senam aerobik, jogging, dll. Sirkulasi darah yang lancar akan berefek pada peningkatan produksi oksigen ke otak yang mana hal ini sangat bisa meningkatkan daya ingat kamu.

3. Tidur Yang Cukup

Tidur dibutuhkan agar seluruh tubuh anda bisa mendapatkan istirahat cukup sebelum beraktivitas di hari esok. Oleh karena itu, cukupkan waktu tidur kamu agar fisik dan mental kamu sehat, dan hal itu juga akan meningkatkan daya ingat kamu.

4. Senam Otak

Otak semacam otot yang perlu dilatih secara rutin dan berkala. Caranya sederhana, lakukkan hal-hal yang sifatnya bisa kamu gunakan untuk mengasah ingatan. Misalnya saja mengingat 10 benda yang ada dalam lemari, mengingat nama-nama pahlawan, dll.

5. Minum Air Putih

Ketika mendapatkan asupan air yang cukup, seluruh fungsi organ dalam tubuh termasuk juga otak akan bisa berjalan dengan baik. Untuk meningkatkan daya ingat anda dengan konsumsi air yang cukup. Anda bisa meminum air  6-8 gelas dalam satu hari.

6. Bersantai

Jika anda melakukkan aktivitas dan kamu merasa tertekand dan stres, hal itu tidak baik untuk otak kamu. Untuk itulah jika kamu menghadapi keadaan yang demikian, beristirahatlah sejenak dan lakukkan aktiivitas santai yang anda sukai, bisa saja membaca buku, bermain game, dll.

7. Permainan Asah Otak

Tentunya anda sudah familiar dengan permainan TTS (Teka-Teki Silang). Memainkan permainan seperti ni juga berguna untuk meningkatkan daya ingat kamu. Untuk mendapatkan buku permainan TTS tentu tidak sulit, banyak orang yang jual di toko-toko buku.

8. Mengenang Masa Lalu

Melihat hal-hal di masa lalu yang sudah pernah kamu alami dulu juga akan melatih dan meningkatkan daya ingat kamu. Coba kenang masa lalu kamu, saat liburan misalnya.



Daya ingat yang baik sangat kita perlukan teman-teman, bayangkan saja kalau kita adalah orang yang mudah lupa, misalnya kita lupa akan jadwal rapat dikantor misalnya, lupa dengan janji bertemu seseorang. Tentu itu semua dapat merugikan bagi kita. Semoga postingan ini yang berjudul Tips Meningkatkan Daya Ingat berguna untuk kamu dalam hal menambah pengetahuan. Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi blog ini.




Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar