Senin, 08 Oktober 2012

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh  <<>> Bayam, tidak asing bagi kita tentang bayam. Mungkin hampir semua orang pernah makan sayur bayam. Sayur bayam atau juga disebut sayur bening memang sayur yang mudah diolah. Saya sendiri suka dengan sayur bayam, mungkin bisa dikatakan sayur bayam adalah salah satu sayur favorit saya, karna sejak kecil memang saya suka dengan sayur bayam. Waktu kecil mungkin kamu pernah melihat film kartun popeye,  coba tebak apa yang sering dimakan oleh popeye ? benar sekali, yang dimakan popeye adalah bayam.  Kita kembali kemasalah bayam, bayam merupakan tanaman sayuran yang dikenal dengan nama ilmiah Amaranthus spp. Kata "amaranth" dalam bahasa Yunani berarti "everlasting" (abadi). Tanaman bayam berasal dari daerah Amerika tropik. Tanaman bayam semula dikenal sebagai tumbuhan hias. Dalam perkembangan selanjutnya. Tanaman bayam dipromosikan sebagai bahan pangan sumber protein, terutama untuk negara-negara berkembang. Diduga tanaman bayam masuk ke Indonesia pada abad XIX ketika lalu lintas perdagangan orang luar negeri masuk ke wilayah Indonesia.

Tentang manfaat bayam, tentu bayam memiliki manfaat-manfaat yang baik untuk kesehatan, sebelumnya teman-teman tau nggak manfaat bayam ? di bawah ini ada beberapa manfaat bayam untuk kesehatan, antara lain :

1) Baik untuk saluran pencernaan

Bayam memiliki efek yang sangat menguntungkan bagi kesehatan usus. Sayuran ini termasuk yang kaya akan serat. Jika Anda memasukkannya dalam menu makan Anda secara teratur, dijamin, Anda tidak akan bermasalah pada pencernaan.

2) Menetralisir efek natrium

Makan bayam secara teratur dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Hal ini karena bayam banyak mengandung kalium, yang berfungsi untuk menetralisir dampak buruk dari natrium pada tubuh.

Jika Anda cenderung untuk memberikan terlalu banyak garam ke dalam segala sesuatu yang Anda makan dan belum dapat menghentikan kebiasaan tersebut, maka setidaknya cobalah makan lebih banyak makanan yang mengandung kalium.

3) Bermanfaat untuk sistem kardiovaskular

Telah terbukti bahwa beberapa komponen protein dalam bayam mampu memperlambat perubahan peptida angiotensin I menjadi peptide angiotensin II yang dapat mempersempit pembuluh darah sehingga tekanan darah meningkat.

Tak hanya itu, bayam juga banyak mengandung lutein yang mampu mencegah pembentukan plak kolesterol dan mengurangi risiko hipertensi.

4) Menjaga tulang sehat dan mencegah pendarahan

Bayam mengandung vitamin K yang bertanggung jawab untuk pembekuan darah. Tak hanya penting untuk mencegah pendarahan, vitamin K ‘bekerja sama’ dengan mineral seperti fosfor, tembaga, zinc, dan magnesium untuk menjaga tulang menjadi kuat dan sehat selama mungkin karena mampu mempertahankan kalsium. Dan, bayam adalah pencegahan osteoporosis yang paling sempurna.

5) Antioksidan

Flavanoid yang terkandung di dalam bayam mampu mencegah penuaan dini dan risiko kanker. Seyawa ini mengurangi efek radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh dan membantu perkembangan tumor ganas.

6) Perkuat sistem kekebalan tubuh

Vitamin A, C, E, D, dan B membuat bayam sebagai sayuran yang ideal untuk membantu sistem kekebalan tubuh. Karena, vitamin-vitamin menjaga jumlah sel imun dalam tubuh sehingga cukup untuk memberitahu tubuh jika ada ancaman infeksi dan cepat bereaksi terhadap infeksi.

7) Untuk menurunkan berat badan

Bayam mengandung banyak nutrisi, tapi rendah kalori sehingga menjadi menu makanan yang tepat bagi Anda yang sedang berdiet.



Gimana teman-teman, luar biasakan manfaat bayam untuk kesehatan, oleh karena itu jangan malas ya untuk makan sayur, sayur itu sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Kalau masalah harga, bayam merupakan sayur yang murah harganya. Semoga postingan ini yang berjudul Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh  berguna untuk kamu dalam hal menambah pengetahuan. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini.






Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar