Sabtu, 09 Februari 2013

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan <<>>  Teman-teman tentu pernah makan buah duku. Buah duku termasuk buah musiman. Duku adalah nama umum dari sejenis buah-buahan anggota suku Meliaceae. Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat ini dikenal pula dengan nama-nama yang lain seperti langsat, kokosan, pisitan, celoring dan lain-lain dengan pelbagai variasinya. Nama-nama yang beraneka ragam ini sekaligus menunjukkan adanya aneka kultivar yang tercermin dari bentuk buah dan pohon yang berbeda-beda.

Buah duku yang memiliki nama kimia Lansium Domesticum Corr berasal dari tanaman berkayu yang hidup menahun. Buah duku dapat tubuh subur di daerah beriklim basah dengan curah hujan tinggi. Buah duku mentah berwarna hijau, bergetah dan cita rasanya sangat asam. Seiring matangnya buah, kulit akan berubah kekuningan dan daging buah akan berasa manis.

Buah Duku mengandung dietary fiber. Dietary fiber merupakan serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

Manfaat Buah Duku

 1. Kulit buah dan biji buah duku
Dapat digunakan untuk obat anti diare dan menurunkan demam.
Adapun cara mengolahnya adalah sebagai berikut:
  • Siapkan beberapa buah biji duku.
  • Bersihkan dan keringkan.
  • Tumbuk sampai halus.
  • Setelah halus, campur dengan air secukupnya, setelah itu kita minum, satu kali sehari, sekali minun seperempat gelas.
2. Kandungan fosfor yang terdapat pada buah duku membantu menguatkan gigi.
3. Kulit kayu duku 
Dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga berbisa, malaria, dan obat disentri.       Cara penggunannya adalah sebagai berikut:Ambil tepung kulit kayu buah duku, yang dimaksud dengan tepung kulit kayu duku adalah sejenis serbuk putih yang biasanya menempel dikulit kayu buah duku.Setelah diambil kemudian oleskan tepung kulit kayu buah duku tersebut kebagian tubuh kita yang tergigit atau tersengat kalajengking.
4. Kulit buah duku dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dengan cara dibakar.
5. Sebagian orang juga percaya, benalu pohon duku dapat mengobati dan membasmi sel-sel kanker.
6. Biji buah duku yang pahit dapat ditumbuk dan dicampur air untuk mengatasi cacingan dan demam.
7. Duku dapat dibuat menjadi selai, dijadikan puding, dan berbagai hidangan masakan lainnya.
Untuk membuat buah duku menjadi selai, caranya adalah sebagai berikut:
untuk selai, siapkan 1500 gr daging buah duku yang sudah diblender halus, 600 gr gula pasir, 100 ml air, 5 gr gelatin, 30 ml air jeruk lemon dan ½ sdt vanila essens. semua bahan dicampur jadi satu, panaskan hingga tekstur mengental dan warna kekuningan. selagi panas simpan di dalam botol kaca, tutup rapat, kini anda mempunyai selai duku yang lezat dan siap digunakan kapan saja.

Teman-teman, segala yang diciptakan Allah SWT pasti mempunyai manfaat bagi kita. Semoga postingan mengenai Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan ini dapat bermanfaat. Semoga bermanfaat ....



Artikel Terkait Menarik Lainnya:

1 komentar:

  1. Maksih infonya Lengkap Sekali

    Mampir YA ke pondokibu.com

    BalasHapus