Selasa, 25 September 2012

Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit


Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit  <<>>   Buah nangka, buah ini tentu tidak asing lagi bagi kita, saya sendiri suka sekali dengan buah nangka, waktu SD buah ini adalah salah satu buah favorit saya. Buah Nangka (Artocarpus heterophyllus), adalah salah satu jenis buah yang paling banyak ditanam di daerah tropis. Buah ini cukup terkenal di seluruh dunia. Dikenal dengan sebutan ‘jackfruit’. Tanaman ini diduga berasal dari India selatan yang kemudian menyebar ke daerah tropis lainnya, termasuk Indonesia. Beruntung banget kalau di halaman rumah kamu ada pohon nangka, jadi kan bisa langsung dipetik kalau sudah masak, dan juga buah nya yang belum masak juga bisa di jadikan sayur.  Kalau masalah rasa tentu teman-teman sudah hafal kan rasa buah nangka seperti apa, buah nagka yang masak kan rasanya manis legit serta renyah, Aromanya pun harum segar, Buah Nangka yang matang seringkali dimakan dalam keadaan segar, dicampur dalam es, dihaluskan menjadi minuman (jus), atau diolah menjadi aneka jenis makanan daerah: dodol nangka, kolak nangka, selai nangka, nangka-goreng-tepung, keripik nangka, dan lain-lain.

Sebelumnya teman-teman apakah mengetahui kandungan-kandungan vitamin dan mineral dari buah nangka ? Buah nangka mengandung vitamin A, B, dan C dalam bentuk senyawa thiamin, riboflavin, dan niacin. Juga mengandung mineral seperti calcium, potassium, ferrum (zat besi), magnesium, dalam jumlah yang cukup banyak bila dibandingkan dengan berbagai buah lainnya. Buah Nangka mempunyai kandungan gizi yang tinggi, 100 gram buah nangka memiliki 106 kalori, 27,6 gram karbohidrat dan 1,2 gram protein. Namun sebaiknya jangan berlebihan makan buah yang manis enak ini karena akan menimbulkan banyak gas dalam perut. Jadi kalau makan buah nangka jangan banyak-banyak ya teman-teman, makan lah yang sewajarnya, makan segala sesuatu kalau berlebihan kan tidak baik.

Jika dilihat dari kandungan-kandungan  nutrisinya yang banyak, buah nangka  memberikan beragam manfaat untuk kesehatan, antara lain:
  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
    Buah nangka sumber vitamin C dan antioksidan yang sangat baik, untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi sel darah putih.
  2. Kurangi resiko jantung dan stroke
    Buah yang kaya akan kalium ini baik untuk mengontrol tekanan darah dan bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu, juga baik untuk menjaga keseimbangan elektrolit.
  3. Proteksi terhadap kanker
    Buah nangka mengandung fitonutrien seperti lignan, isoflavon, dan saponin yang membentuk proteksi tubuh melawan timbulnya sel kanker.
  4. Menjaga kesehatan kulit
    Buah Nangka memiliki kandungan vitamin A dan antioksidan yang tinggi, yang baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan kulit.
  5. Penambah energi
    Buah nangka mengandung gula alami seperti fruktosa dan sukrosa. Daging buahnya yang empuk, manis, legit dan renyah membuat tubuh segar kembali.
  6. Mengoptimalkan fungsi tubuh
    Buah nangka mengandung mineral seperti mangan, zat besi, vitamin B6, niasin, asam folat yang berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi tubuh.



Setiap buah-buahan memang memliki manfaat yang bagus untuk manusia, sudah selayaknya kita bersyukur atas karunia Allah SWT atas diciptakannya buah-buahan untuk manusia. Semoga postingan ini yang berjudul Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit berguna untuk kamu dalam hal menambah pengetahuan. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.






Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar