Selasa, 09 Oktober 2012

Manfaat Dan Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dan Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh   <<>>  Wortel, tentu teman-teman masih ingat ketika masih duduk di bangku SD dulu mungkin guru ada menerangkan tentang manfaat wortel salah satunya adalah untuk kesehatan mata, hal ini karena wortel mengandung vitamin A yang tinggi.  Wortel memang identik manfaatnya untuk kesehatan mata, dan mungkin ketika kita mendengar kata wortel pasti diantara kita langsung akan berpikiran bahwa wortel untuk kesehatan mata. Wortel (Daucus carota), merupakan tumbuhan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna jingga atau putih dengan tekstur serupa kayu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Jadi bagian umbi itulah yang sering kita konsumsi teman-teman.

Berbicara masalah manfaat dari wortel, sebenarnya manfaat wortel bukan hanya untuk kesehatan mata, tetapi ada lagi manfaat selain itu, sebelumnya teman-teman pada tau nggak kandungan gizi yang terdapat pada wortel ? ini adalah kandungan gizi pada wortel per 100 g (3.5 oz) :

Energi 173 kJ (41 kcal) , Karbohidrat 9 g , Gula 5 g , Diet serat 3 g , Lemak 0,2 g , Protein 1 g , Vitamin A equiv. 835 mg (93%) , - Beta-karoten 8285 mg (77%) , Thiamine (Vit. B1) 0.04 mg (3%) , Riboflavin (Vit. B2) 0,05 mg (3%) , Niacin (Vit. B3) 1.2 mg (8%) , Vitamin B6 0,1 mg (8%) Folat (Vit. B9) 19 mg (5%) , Vitamin C 7 mg (12%) , Kalsium 33 mg (3%) , Besi 0,66 mg (5%) , Magnesium 18 mg (5%) , Fosfor 35 mg (5%) , Kalium 240 mg (5%) , Sodium 2,4 mg (0%) , Persentase yang relatif ke US rekomendasi untuk orang dewasa.

Kalu tadi itu adalah kandungan gizinya, di bawah ini adalah  Beberapa Manfaat Wortel Bagi Kesehatan, antara lain :

1)  Mencegah penyakit jantung: Dalam sebuah studi yang dimaksudkan untuk mengungkapkan nilai terapeutik peneliti wortel di Wolfson gastrointestinal Laboratorium di Edinburgh, Skotlandia mengungkapkan bahwa mengurangi kadar kolesterol sebesar 11 persen jika tujuh ons wortel mentah setiap hari diambil selama berminggu-minggu Engkau. Kolesterol tinggi merupakan faktor utama untuk penyakit jantung. Karena konsumsi secara teratur wortel mengurangi tingkat kolesterol itu baik untuk mencegah masalah jantung yang terkait. Sekelompok ilmuwan Swedia menemukan bahwa sayuran akar dapat mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung. Sebuah studi yang dilakukan di Mario Negri Institut Penelitian Farmakologi di Italia menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak wortel memiliki sepertiga risiko serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang makan wortel lebih sedikit.

2)  Mencegah kanker : beta-karoten konsumsi telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa kanker, terutama kanker paru-paru. Peneliti Inggris menemukan bahwa peningkatan konsumsi beta-karoten 1,7-2,7 miligram sehari resiko kanker paru-paru berkurang lebih dari 40 persen. Wortel rata-rata mengandung sekitar tiga miligram Beta-karoten. Dalam sebuah studi, peneliti menemukan bahwa makan wortel kaya serat mengurangi risiko kanker usus besar sebanyak 24 persen. Studi lain menunjukkan bahwa perempuan yang makan wortel mentah 5-8 kali lebih mungkin mengembangkan kanker payudara daripada wanita yang tidak makan wortel.

3)  Degenerasi makula: Ini adalah penyakit mata umum lansia. Ini merusak makula. Penelitian menemukan bahwa orang yang makan paling Beta-karoten memiliki risiko empat puluh persen lebih rendah dari degenerasi makula dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi sedikit
.
4) Meningkatkan penglihatan: Defisiensi vitamin A dapat menyebabkan beberapa kesulitan melihat dalam cahaya redup. Karena wortel kaya akan vitamin A itu baik untuk meningkatkan penglihatan.

5) Stroke: Sebuah wortel sehari dapat mengurangi risiko stroke hingga 68 persen. Banyak penelitian yang memperkuat “efek wortel” pada otak. Studi dilakukan pada pasien stroke menunjukkan bahwa wortel dengan tingkat tertinggi Beta karoten memiliki tingkat kelangsungan hidup terbaik.

6)  Diabetes: Wortel yang baik untuk regulasi gula darah karena adanya karotenoid dalam wortel. Karotenoid terbalik mempengaruhi resistensi insulin dan gula darah sehingga lebih rendah.

7)  Wortel memiliki kualitas antiseptik dan karena itu, dapat digunakan sebagai pencahar, vermicide dan sebagai obat untuk kondisi hati. Minyak wortel baik untuk kulit kering. Dengan memakan wortel Itu membuat kulit lebih lembut, halus dan kencang. Jus wortel juga meningkatkan kesehatan perut dan pencernaan.


Gimana teman-teman tentang manfaat dari wortel untuk kesehatan, untuk yang tidak suka dengan sayur-sayuran usahakan lah untuk memulai mengkonsumsi jenis sayur-sayuran, karena sayur-sayuran itu penting untuk kesehatan tubuh kita, tentu teman-teman masih ingat kan tentang slogan “ 4 sehat 5 sempurna “  salah satu dari 4 sehat itu kan sayur-sayuran, betul tidak. Semoga Postingan ini yang berjudul Manfaat dan Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh berguna untuk kamu dalam hal menambah pengetahuan. Terima kasih telah mengunjungi blog ini dan sering-seringlah mengunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya.






Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar