Sabtu, 25 Mei 2013

Manfaat Dan Khasiat Terong Untuk Kesehatan

Manfaat dan Khasiat Terong Untuk Kesehatan <<>> Terong, terong, terong, sudah tentu teman-teman mungkin pernah memakannya, entah itu apakah diolah dalam bentuk masakan sayur ataupun juga dalam campuran masakan yang lain. Terong memang tidak asing bagi kalangan masyarakat, untuk mendapatkannya pun cukup banyak orang yang menjualnya di pasar. Berbicara tentang terong pastilah kita akan ingat dengan bentuknya yang bulat lonjong. Teman-teman tau ga apa yang terkandung pada terong ? ini ada informasinya, Terong mengandung energi sebesar 24 kilokalori, protein 1,1 gram, karbohidrat 5,5 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 15 miligram, fosfor 37 miligram, dan zat besi 0 miligram.  Selain itu di dalam Terong juga terkandung vitamin A sebanyak 30 IU, vitamin B1 0,04 miligram dan vitamin C 5 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Terong, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 87 %.

Tanaman terong memang mudah tumbuh, saya dulu pernah menanam terong di belakang pekarangan rumah, kalau teman-teman mungkin di belakang rumahnya ada lahan yang kosong, bisa juga tuh ditanami sayur-sayuran seperti terong, lombok, bayam ataupun tanaman sayuran yang lain. Nah berbicara masalah manfaat terong, tentu terong memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan, di bawah ini adalah beberapa manfaat dan khasiat terong untuk kesehatan :


1. Kaya Serat
Kita semua tahu kalau serat sangat penting sekali bagi tubuh kita karena dapat membantu memperlancar pencernaan dan buang air besar. Ini adalah salah satu manfaat terong yang cukup baik karena kandungan serat didalam terong sekitar 2 gram.

2. Kulit
Apakah anda tahu kalau terong juga memiliki manfaat terhadap kulit anda? Terong dapat membantu melembabkan kulit anda dari dalam. Jadi bagi anda yang memiliki kulit yang kering mungkin bisa konsumsi terong untuk membantu mengatasinya.

3. Menurunkan Berat Badan
Nah ini dia manfaat terong yang paling disukai banyak orang yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Kok Bisa?? Tentu saja, karena serat dalam terong dapat membuat kita tidak mudah lapar dan membantu mempercepat proses metabolisme tubuh.Selain itu juga terong dapat membantu dalam proses pembakaran lemak di tubuh, jadi bagi anda yang merasa banyak lemak ayo mulai sekarang coba makan terong.

4. Kanker
Dalam terong juga ditemukan terdapat elemen yang disebut dengan nasunin. Elemen ini ternyata dapat membantu mengatasi sel – sel kanker yang ada didalam tubuh. Jadi semakin banyak terong yang anda konsumsi, maka semakin kecil kemungkinan anda terkena kanker. Terong sangat baik melawan kanker usus besar.

5. Makanan Otak
Fitonutrien yang ditemukan dalam terong dapat membantu perkembangan otak kita dan melindungi membran sel dari berbagai kerusakan. Bagi anda yang memiliki anak dan jika ingin agar otak anak anda lebih aktif, maka coba masukkan terong ke dalam sayuran mereka.

6. Kesehatan Jantung
Terong juga ternyata memiliki manfaat yang baik terhadap jantung. Terong dapat mengurangi kolesterol yang berada pada dinding arteri dan dinding pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Terong juga dikenal sebagai salah satu makanan yang sehat untuk Jantung.

7. Diabetes
Makanan tinggi serat seperti terong dan juga rendah karbohidrat sangat baik bagi penderita diabetes. Hasi penelitian menunjukkan bahwa, jika kita konsumsi terong secara teratur maka kadar gula kita juga akan menurun dan stabil. Jadi khususnya penderita diabetes coba anda buktikan sendiri.

 
Luar biasa ya teman-teman manfaat dari terong, kira-kira ada yang ga suka nih makan terong, kalau ga suka rugi lho, hmm saya aja suka makan terong. Nah teman-teman setiap sayuran tentu semua memiliki manfaat yang baik untuk tubuh manusia, tentu sudah selayaknya kita bersyukur atas apa yang telah Allah SWT ciptakan untuk manusia. Ayo teman-teman semua, mari kita galakkan senang makan sayur-sayuran, agar kesehatan kita terjaga, tentu bukan hanya terong saja, tapi juga sayuran yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman semua dalam hal menambah pengetahuan. Terimakasih telah mengunjungi blog ini.

Sumber referensi bacaan :
 




 




Artikel Terkait Menarik Lainnya:

1 komentar: