Minggu, 12 Mei 2013

Gejala Penyakit tipes / Typus dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Typus / tipes dan Penyebabnya  >>><<<  Sengaja  saya membuat artikel ini karena beberapa minggu yang lalu saya terkena penyakit ini, dan saya harus dirawat di rumah sakit beberapa hari, dan alhamdulillah sekarang sudah sembuh, moga tidak kena lagi, amiin.   Sebetulnya sih sejak kecil saya sering terkena penyakit tipes / typus , yaaa bisa dibilang langganan lah terkena penyakit ini, he he hee jadi malu nih.  Nah sekarang kamu  tentu  pernah mendengar tentang penyakit ini yaitu penyakit Typus / tipes, kalau bahasa di masyarakat pada umumnya sih tipes yang saya tau, tetapi dalam dunia kedokteran disebut TYPHOID FEVER atau Thypus abdominalis, karena berhubungan dengan usus pada perut. Penyakit tifus (Thypus Abdominalis) merupakan penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C, selain ini dapat juga menyebabkan gastroenteritis (keracunan makanan) dan septikemia (tidak menyerang usus).


 Nah sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana si bakteri tersebut  bisa masuk ke dalam tubuh,  bakteri tersebut masuk melalui makanan atau minuman, sehingga terjadi infeksi saluran pencernaan yaitu usus halus. Kemudian mengikuti peredaran darah, bakteri ini mencapai hati dan limpa sehingga berkembang biak disana yang menyebabkan rasa nyeri saat diraba. Nah teman-teman jadi sebaiknya kita harus makan makanan yang bersih dan jangan lupa untuk mencuci tangan pakai sabun sebelum makan, ingat ya teman-teman cuci tangannya pakai sabun, jangan Cuma pakai air doang, harus pakai sabun, kalau kamu punya adik yang masih kecil jangan lupa untuk mengajari mereka untuk mencuci tangan pakai sabun sebelum makan.
  
Supaya lebih jelas tentang cara penularan penyakit typus / tipes, berikut adalah yang harus kamu ketahui tentang cara penularan penyakit typus / tipes :

Cara Penularan  penyakit typus / Tipes

- Melalui makanan atau minuman yang sudah tercemar oleh Bakteri Salmonella. Pada penderita Tifus, terdapat bakteri salmonella pada aliran darah dan usus yang kemudian akan di keluarkan melalui kotoran.

- Penderita dapat menularkan penyakit ini apa bila penderita menyajikan, dan memasak makanan atau memegang barang- barang yang bisanya digunakan untuk makan tanpa mencuci tangan dengan bersih terlebih dahulu.

- Bisa juga disebabkan karena air yang diminum atau yang dipakai untuk mencuci peralatan makan seperti piring, gelas dan sebagainya atau mencuci sayur dan buah-buahan sudah tercemar oleh Bakteri Salmonella

 Nah yang namanya suatu penyakit tentu ada gejala-gejalanya, kalau yang pernah terkena penyakit typus / tipes mungkin pernah mengalami gejala-gejala ini, berikut adalah gejala Penyakit Typus / tipes

  1. Demam lebih dari seminggu, siang hari biasanya terlihat segar namun menjelang malam hari demam tinggi.
  2. Diare, sifat bakteri yang menyerang saluran cerna menyebabkan   gangguan penyerapan cairan yang akhirnya terjadi diare, namun dalam  beberapa kasus justru terjadi konstipasi (sulit buang air)
  3.  Lemas, pusing, dan sakit perut, demam yang tinggi menimbulkan rasa  lemas, pusing, terjadinya pembengkakan hati dan limpa menimbulkan rasa sakit perut.
  4. Pingsan, penderita umumnya lebih merasakan nyaman dengan berbaring  tanpa banyak bergerak, namun dalam kondisi yang parah seringkali  terjadi gangguan kesadaran.
  5. Lidah kotor, bagian tengah berwarnah putih dan pinggirnya merah, biasanya lidah terasa pahit dan cenderung ingin makan yang asam-asam  atau pedas.
  6. Mual sampai muntah, bakteri Salmonella typhi berkembang biak di hati  dan limpa, akibatnya terjadi pembengkakan dan akhirnya menekan  lambung sehingga terjadi rasa mual.


     
    Demikian lah tentang Gejala Penyakit Typus / tipes dan Penyebabnya, semoga yang pernah terkena penyakit ini tidak lagi kena, dan bagi yang belum pernah terkena penyakit ini semoga tidak pernah mengalaminya, amiin. Semoga artikel ini bermanfaat  bagi kamu dalam hal menambah pengetahuan.

     
Baca Juga :

<<>>   PENGOBATAN DAN PENCEGAHAN PENYAKIT TIPES / TYPUS





















Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar