Senin, 31 Desember 2012

Manfaat Buah Rambutan "si rambut merah" bagi Kesehatan

Manfaat Buah Rambutan "si rambut merah" bagi Kesehatan <<>> Teman-teman pasti sudah tahu dengan buah yang mempunyai ciri khas kulit buahnya berambut merah. benar sekali, buah itu adalah buah Rambutan. Buah Rambutan termasuk buah musiman. Kali ini, saya akan berbagi tentang manfaat si rambut merah ini bagi kesehatan kita. Baca baik-baik, ya...

Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.

Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

1. Menyuburkan rambut
Ambil beberapa helai daun rambutan, kemudian tumbuk sampai halus. Campurkan air masak dingin secukupnya. Peraslah, dan saring air hasil perasan tersebut. Maka, shampo berbahan baku daun buah rambutan pun siap untuk menyuburkan rambut Anda.

2. Disentri
Sediakan kulit buah rambutan secukupnya. Potong-potong kecil. Setelah agak halus, tambahkan tiga gelas air secukupnya dan didihkan hingga mencapai suhu 100 derajat. Setelah airnya berwarna kehitam-hitaman dan tersisa setengahnya, angkat dan dinginkan. Setelah itu, lakukan penyaringan untuk selanjutnya diminum secara rutin tiga kali sehari.

3. Demam
Kulit rambutan yang telah dikeringkan (15 gr) dicuci. Kemudian ditambah 3 gelas air bersih, lalu direbus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, disaring dan diminum 3 kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.

4. Perawatan Rambut
Daun rambutan secukupnya dicuci , lalu ditumbuk sampai halus. Sedikit air ditambahkan, sambil diaduk rata sampai menjadi adonan seperti bubur. Lalu, diperas dan didisaring dengan sepotong kain. Air yang terkumpul digunakan untuk membasahi kulit kepala. Hal ini dilakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.

5. Kencing Manis
Ambil 5 biji rambutan, kemudian goreng sangrai. Setelah itu, biji yang telah disangrai tersebut tumbuk sampai halus dan campurkan dengan segelas air putih panas. Setelah dingin airnya diminum sekaligus. Lakukan 1-2 kali sehari.

6. Sariawan
Kulit kayu rambutan (3 ruas jari) dicuci, lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Kemudian dipakai untuk berkumur selagi hangat.

7.  Untuk Diet
Setiap 100 gram rambutan mengandung 84 kalori. Jika Anda mengikuti program diet 2.000 kalori, rambutan telah menyumbangkan 4,2 persen kalori harian yang Anda butuhkan. Jumlah kalor yang dibutuhkan oleh tubuh bervariasi karena tergantung pada berat badan, gaya hidup, jenis kelamin, dan usia.

8. Untuk  Makronutrien
Rambutan dikenal sebagai buah yang sangat rendah lemak. Sebagian besar kalori yang dimiliki oleh rambutan berasal dari karbohidrat. Institute of Medicine merekomendasikan 130 gram rambutan untuk konsumsi harian Anda.

9. Untuk Vitamin
Setiap 100 gram rambutan mengandung sekitar 40 persen dari asupan harian vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, daging rambutan juga mengandung sekitar 1 persen niacin atau biasa dikenal sebagai vitamin B3.

10. Untuk Mineral
Rambutan sangat kaya akan zat besi, yang dibutuhkan untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh. Zat besi membantu mencegah kelelahan dan pusing yang disebabkan oleh anemia. Selain itu, daging rambutan juga memenuhi 4,3 persen kebutuhan fosfor harian tubuh. Fosfor membantu menyaring limbah di ginjal, serta diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan semua jaringan dan sel.





Setiap buah-buahan memang memliki manfaat yang bagus untuk manusia, sudah selayaknya kita bersyukur atas karunia Allah SWT atas diciptakannya buah-buahan untuk manusia. Semoga postingan yang berjudul Manfaat Buah Rambutan "si rambut merah" bagi Kesehatan berguna untuk kamu dalam hal menambah pengetahuan. Terima kasih telah mengunjungi blog ini .



Artikel Terkait Menarik Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar